Inilah Daftar Anak Perusahaan dan Afiliasi dari PT Semen Indonesia Tbk

Daftar Anak Perusahaan dan Afiliasi PT Semen Indonesia Tbk

Daftar Anak Perusahaan dan Afiliasi PT Semen Indonesia Tbk

lowker semen-logo-mengkilapPT Semen Indonesia (Persero) Tbk (“SMGR”) didirikan pada tahun 1957 di Gresik, dengan nama NV Semen Gresik. Pada tahun 1991, PT Semen Gresik merupakan perusahaan BUMN pertama yang go public di Bursa Efek Indonesia. Selanjutnya, pada tahun 1995, PT Semen Gresik (Persero) Tbk melakukan konsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa yang kemudian dikenal dengan nama Semen Gresik Group.

Dalam perkembangannya pada tanggal 7 Januari 2013, PT Semen Gresik (Persero) Tbk bertransformasi menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dan berperan sebagai strategic holding company yang menaungi PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, dan Thang Long Cement Company.

Pada tanggal 31 Januari 2019, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) telah resmi mengakuisisi 80,6% kepemilikan saham Holderfin B.V. yang ditempatkan dan disetor di PT Holcim Indonesia Tbk. Selanjutnya pada tanggal 11 Februari 2019, melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, telah disahkan perubahan nama PT Holcim Indonesia Tbk  menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

Dengan prinsip “Membangun Kekuatan Memajukan Indonesia“ Semen Indonesia terus meningkatkan sinergi dan inovasi demi mencapai keunggulan kualitas, menjaga keterpaduan dan kesinambungan kinerja ekonomi, berkomitmen terhadap lingkungan serta memberikan manfaat sosial dalam seluruh kegiatan operasional.

Kantor Gresik

Gedung Utama Semen Indonesia Jl. Veteran, Gresik Jawa Timur, 61122 Telp: (031) 3981732

Kantor Jakarta

South Quarter, Tower A, Lt.19-20 Jl. R.A. Kartini Kav.8 Cilandak Barat, Jakarta Selatan DKI Jakarta, 12430. Telp: +62 21 5261174-5

Kantor Tuban

Desa Sumberarum, Kec. Kerek Kabupaten Tuban Jawa Timur 62356. Telp : (0356) 3250013

 

Berikut ini daftar Anak Perusahaan dan Afiliasi dari PT Semen Indonesia Tbk ;

PT Semen Gresik

PT Semen Gresik merupakan anak perusahaan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan operasional penghasil semen di grup Semen Indonesia. Pendirian perusahaan ini sama seperti pendirian PT Pupuk Sriwidjaja Palembang oleh PT Pupuk Indonesia Holding Company. Dengan berdirinya PT Semen Gresik, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menjadi holding saja dan tidak mengurus produksi semen.

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 99,96 %.

PT Semen Padang

PT Semen Padang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM) yang merupakan pabrik semen pertama di Indonesia.[1] Kemudian pada tanggal 5 Juli 1958, perusahaan dinasionalisasi oleh pemerintah Republik Indonesia dari pemerintah Belanda. Selama periode ini, perusahaan mengalami proses kebangkitan kembali melalui rehabilitasi dan pengembangan kapasitas pabrik Indarung I menjadi 330.000 ton/ tahun. Selanjutnya pabrik melakukan transformasi pengembangan kapasitas pabrik dari teknologi proses basah menjadi proses kering dengan dibangunnya pabrik Indarung II, III, dan IV.

Baca juga yuk :  Tips Cara Memilih Bisnis

 

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 99,99 %

PT Semen Tonasa

PT Semen Tonasa (Persero) adalah produsen semen terbesar di kawasan Indonesia Timur yang menempati lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 kilometer dari Kota Makassar.

 

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 99,99 %.

PT Thang Long Cement Company

Pabrik semen yang beroperasi sejak 2008 Kota Ha Long, di Provinsi Quang Ninh ini memiliki kapasitas produksi 2,3 juta ton per tahun.

Saham kepemilikan 70%

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

Pabrik semen yang  mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,5 juta ton semen per tahun,

Bergabung dengan Semen Indonesia Group sejak 31 Januari 2019 dengan kepemilikan saham 80,64%

PT Semen Indonesia Beton

PT. Semen Indonesia Beton adalah salah satu anak perusahaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk khusus memroduksi beton siap pakai dan beton pracetak yang didirikan pada tahun 2012. PT. Semen Indonesia Beton memainkan peranan yang sangat penting sebagai strategic tool, maupun sebagai pendukung community development. PT. Semen Indonesia Beton diharapkan mampu mendukung bisnis inti Semen Indonesia selaku holding company dan memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk mencapai keunggulan kompetitif dan perkembangan perusahaan secara terus menerus. Keberadaan anak usaha diharapkan dapat memberi sinergi yang bermanfaat untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 99,99 %.

PT Semen Indonesia Logistik

Berangkat dari sebuah Yayasan Sejahtera Semen Gresik. yang didirikan guna mendukung induk perusahaan untuk memperlancar pengangkutan dan distribusi semen ke seluruh pelosok daerah pemasaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pada Tahun 1969 merupakan pijakan sukses pertama dengan adanya keberhasilan yang dicapai oleh Yayasan Sejahtera dalam mengelola manajemen dan mengembangkan usaha jasa transportasi dan distribusi semen.

Baca juga yuk :  Lomba Mewarnai di Mall Artha Gading

 

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 73,65 %.

PT Sinergi Informatika Semen Indonesia

PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) pun melihat peluang tersebut. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Information and Communication Technology (ICT), PT. Sinergi Informasi Semen Indonesia memiliki kemampuan untuk menghasilkan peranti lunak ERP yang lebih bisa diterima oleh pelaku usaha di Tanah Air. PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia pun menjawab tantangan akan kebutuhan teknologi ERP yang ada melalui ‘FORCA ERP’, sebuah aplikasi software ERP karya anak bangsa yang terintegrasi, terkini, terpercaya, mudah digunakan dengan harga terjangkau.

 

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 99,99 %.

PT Semen Indonesia International

Semen Indonesia International, telah menjadi salah satu bisnis terkemuka di kawasan ASEAN, berkomitmen untuk menjalankan bisnis sejalan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Tradisi belajar, penyesuaian, dan pengembangan jangka panjang di semua bidang telah memungkinkan Semen Indonesia International untuk bertahan dari gelombang krisis dan tantangan dan mendapatkan pengakuan luas sebagai teladan bagi bisnis lain, baik lokal maupun internasional.

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 99,99%.

PT Krakatau Semen Indonesia

PT Krakatau Semen Indonesia (KSI) adalah perusahaan patungan yang didirikan oleh dua BUMN raksasa di Indonesia yakni PT Krakatau Steel (Persero) Tbk/KS dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk/SMI. Perjanjian kerjasama pendirian perusahaan patungan (Join Venture Agreement) ditandatangani pada tanggal 20 Desember 2013. Kerja sama pembentukan perusahaan patungan ini merupakan wujud dari sinergi antar perusahaan BUMN dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan daya saing

Dengan berdasar pada Surat Edaran Menteri BUMN nomor SE-03/MBU.S/2009 dan MOU antara KS DENGAN SMI 20/12/2013 nomor : 22/DU-KS/Kontr/2013 dan 1372/HK-06/50000082/12.2013, KSI berdiri dengan akta notaris Jose Dima Satria nomor 40, tanggal 20 Desember 2013.

 

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 50 %.

PT Kawasan Industri Gresik

PT Kawasan Industri Gresik (PT KIG) adalah perusahaan developer yang khusus menyediakan lahan industri untuk para investor lokal, nasional maupun internasional. Saat ini kami menawarkan beragam lini bisnis seperti: lahan industri, pergudangan, bangunan pabrik sesuai standar dan pusat bisnis.

Baca juga yuk :  Tips Traveling Bareng Anak

Kawasan ini didukung dengan fasilitas dan infrastruktur terpercaya yang memberikan jaminan atas investasi penyewa. Kawasan Industri Gresik berdiri di atas lahan seluas 135 Ha, dengan lahan infrastruktur seluas 44 Ha dan lahan komersil seluas 91 Ha.

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 65 %.

PT United Tractor Semen Gresik

PT . UTSG adalah perusahaan jasa pertambangan , dengan kantor pusat di : Desa sumberarum Kecamatan Kerek , Kabupaten Tuban, Jawa Timur . Indonesia. saham mayoritas di miliki 2 perusahaan besar yaitu PT SEMEN GRESIK & PT UNITED TRACTORS . saat ini PT UTSG sedang mengembang kan sayapnya di beberapa daerah di indonesia yaitu di semen tonasa, tambang batu bara di melak kalimantan timur, tambang batu kapur di Sale Rembang Jawa tengah, Semen Baturaja di sumatera, SEmen tonasa di sulawesi dan beberapa daerah lain yang saat ini tengah dalam proses tender.

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 55 %.

PT Industri Kemasan Semen Gresik

PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK mulai beroperasi secara komersil 4 April 1994, dengan kapasitas produksi 66 juta kantong/tahun jenis produksi Kraft Sewn Bag (kantong kraft jahit).

Seiring perkembangannya, PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK selalu meningkatkan mutu layanan dan kualitas produknya, diantaranya dengan merelokasi pabrik ke lokasi baru di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Untuk memenuhi kebutuhan kantong yang semakin meningkat, kapasitas produksi dan kualitas dari tahun ke tahun selalu kami tingkatkan dengan investasi maupun modifikasi mesin-mesin.

Kepemilikan saham Semen Indonesia adalah 60%.

PT Swadaya Graha

PT Swadaya Graha telah berkembang menjadi perusahaan yang dapat dipercaya, baik dalam layanan manufaktur dan konstruksi sejak didirikan pada tahun 1985. Kami selalu melakukan upaya terbaik untuk memenuhi persyaratan pelanggan kami dan secara konsisten melaksanakan program peningkatan berkelanjutan. Selain itu, kami juga telah memperoleh sertifikat ISO 9001: 2008 untuk Sistem Manajemen Mutu serta berhasil menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan OHSAS: Sistem Manajemen 2007.

 

 

 

 

 

Sumber : Semen Indonesia

Tinggalkan Balasan